Saturday, March 28, 2009

Apple Umumkan iPhone 3.0

Tiga hari lalu Apple mengumumkan iPhone OS 3.0, sistem operasi generasi baru untuk iPhone, iPod Touch dan produk elektronik portabel misterius Apple lainnya. Apple mengemas lebih dari 100 fitur baru ke dalam firmware iterasi ketiga untuk iPhone ini dan kelihatannya firmware ini akan jauh mengahkan OS ponsel lainnya saat dirilis di sekitar pertengahan tahun ini.

Beberapa fitur baru yang diperkenalkan sudah sejak dulu dimiliki ponsel lain, tetapi ada juga sebagian fitur yang benar-benar inovatif dan akan menjadikan iPhone sebagai produk elektronik serba guna. Dari sekian banyak fitur baru yang diumumkan, mari kita lihat beberapa fitur yang menurut saya paling berguna.
Copy & Paste
Dianggap sebagai salah satu fitur yang hilang dari iPhone firmware 1.x dan 2.x, akhirnya Apple mengimplementasikan fitur yang sudah dimiliki banyak OS ponsel pintar lainnya seperti Android dan Windows Mobile.
Push Notification
Salah satu penyebab populernya BlackBerry di Indonesia adalah karena BlackBerry Messenger yang selalu aktif, memungkinkan komunikasi antar pengguna BlackBerry Messenger melalui instant messaging. Pengguna iPhone tidak dapat melakukan hal ini karena iPhone tidak memperbolehkan aplikasi pihak ketiga untuk terus aktif di belakang layar dengan alasan kinerja dan pemborosan baterai.

Jawaban Apple untuk masalah ini adalah push notification framework yang menggunakan layanan Apple untuk menerima notifikasi dari aplikasi pihak ketiga seakan-akan aplikasi tersebut terus berjalan di latar belakang. Apple sebelumnya sudah berjanji untuk merilis fitur ini di bulan September 2008, tetapi setengah tahun setelah itu, fitur ini masih juga tidak muncul.

Saat mengumumkan OS 3.0 dua hari lalu, barulah kita mendengar lagi datangnya push notification framework. Lihatlah video di bawah ini ini tentang alasan yang diberikan Apple tentang keterlambatan ini.

Related Posts sesuai kategori



0 comments: